Trend Lagu Jawa di Indonesia

 


Lagu Jawa saat ini sedang menjadi tren di Indonesia. Lagu-lagu berbahasa Jawa telah menjadi favorit masyarakat Indonesia, bahkan yang tak memiliki darah keturunan Jawa pun turut menikmatinya. Beberapa penyanyi lagu Jawa yang terkenal di Indonesia saat ini antara lain Denny Caknan, Happy Asmara, Via Vallen, Nella Kharisma, dan Dory Harsa ².

Menurut Jawa Pos Music & Movie, lagu-lagu berbahasa Jawa telah mendominasi tangga lagu di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan. Lagu-lagu dari penyanyi campursari Didi Kempot seperti "Tanjung Mas Ninggal Janji", "Suket Teki, Sewo Kuto", dan "Pamer Bojo" menjadi hits di kalangan milenial. Selain Didi Kempot, penyanyi muda Denny Caknan juga sempat mempopulerkan lagu-lagu berbahasa Jawa. Lagunya berjudul Kartonyono Medot Janji sampai sekarang sudah ditonton lebih dari 108 juta kali di YouTube.

Menurut pengamat musik Bens Leo, ada beberapa alasan mengapa lagu-lagu berbahasa Jawa bisa mendadak populer di kalangan anak muda. Pertama, lagu-lagu bahasa Jawa kerap dibawakan di sejumlah acara televisi dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Kedua, keberadaan orkes-orkes ataupun grup musik yang tersebar di banyak daerah di Jawa juga dinilai memiliki kontribusi besar atas sosialisasi lagu-lagu berbahasa Jawa ke hadapan publik. Ketiga, sejumlah lagu berbahasa Jawa diminati publik karena adanya kesinambungan antara lirik, melodi dan harmoni lagu. Keempat, lagu-lagu berbahasa Jawa juga mudah diterima publik karena bahasanya menjadi bahasa percakapan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ¹.

Beberapa lagu Jawa yang sedang populer saat ini antara lain:

1. Nemen - Happy Asmara
2. Sanes - Denny Caknan ft. Guyon Waton
3. Dadi Siji - Miqbal GA ft. Siska Amanda
4. Aku Ikhlas - Aftershine ft. Damara De
5. Rasah Bali - Lavora ft. Ena Vika
6. Kalih Welasku - Denny Caknan
7. Crito Mustahil - Denny Caknan

Tulisan ini akan membahas beberapa penyanyi lagu Jawa yang terkenal di Indonesia. Lagu Jawa saat ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, bahkan, yang tak memiliki darah keturunan Jawa pun turut menikmatinya. Perpaduan lirik dan musik yang nyaman di dengar, membuat sederet lagu Jawa kian menjadi favorit. Tentunya, persebaran lagu bahasa Jawa yang kian pesat tersebut tak lepas dari peranan musisi dan penyanyinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penyanyi pria telah mencapai puncak kesuksesan melalui lagu bahasa Jawa. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Denny Caknan: Penyanyi dan pencipta lagu Pop Jawa dan koplo. Lagu Kartonyono Medot Janji menghantarkan nama Denny Caknan berada di posisi musisi lagu Jawa papan atas tanah air.
2. Dory Harsa: Pernah menjadi penabuh kendang mendiang Didi Kempot, kini nama Dory Harsa pun dikenal sebagai penyanyi lagu Jawa.
3. Ndarboy Genk: Grup musik asal Yogyakarta yang terdiri dari 5 orang. Lagu "Koplo Salah" menjadi salah satu lagu hits mereka.
4. Cak Diqin: Penyanyi legendaris asal Jawa Timur yang dikenal sebagai "Raja Campursari". Beberapa lagunya yang terkenal antara lain "Gethuk" dan "Lorobronto".
5. Sonny Josz: Penyanyi asal Jawa Tengah yang dikenal sebagai "Raja Dangdut Jawa". Beberapa lagunya yang terkenal antara lain "Kebelet Kawin" dan "Madiun Ngawi".

Tulisan ini juga akan membahas beberapa penyanyi lagu Jawa perempuan yang terkenal di Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Happy Asmara: Penyanyi asal Kediri yang terkenal dengan lagu "Tatu".
2. Via Vallen: Penyanyi asal Sidoarjo yang terkenal dengan lagu "Sayang".
3. Nella Kharisma: Penyanyi asal Kediri yang terkenal dengan lagu "Jaran Goyang".
4. Dewi Perssik: Penyanyi asal Jember yang terkenal dengan lagu "Indah Pada Waktunya".
5. Tasya Rosmala: Penyanyi asal Jawa Timur yang terkenal dengan lagu "Kasih Tak Sampai".