TransJakarta Mengalami Perubahan Rute Akibat Penutupan Jalan di Patung Kuda

 



Berita: TransJakarta, layanan bus rapid transit di Jakarta, telah mengumumkan beberapa perubahan rute sebagai akibat dari penutupan jalan di kawasan Patung Kuda. Pengumuman ini disampaikan melalui akun Twitter resmi @PT_Transjakarta pada tanggal 15 Juni 2023.

Salah satu koridor yang terdampak adalah Koridor 1, yaitu rute Blok M - Kota. Koridor ini mengalami pengalihan rute, sehingga arah Kota tidak melayani Halte Bank Indonesia dan Monas. Hal yang sama juga berlaku untuk arah sebaliknya, yaitu arah Blok M yang tidak melayani halte Monas. Pengalihan rute ini dilakukan sebagai respons terhadap penutupan jalan di kawasan Patung Kuda.

Selain itu, perubahan rute juga terjadi pada beberapa rute lainnya. Rute 1A, yaitu rute Pantai Maju - Balai Kota, mengalami pengalihan rute terkait penutupan jalan di Patung Kuda. Sementara arah Pantai Maju PIK tidak melayani Halte Monas. Rute 1P, yaitu rute Blok M - Senen, juga mengalami pengalihan rute terkait penutupan jalan di Patung Kuda. Sementara arah Senen tidak melewati pemberhentian Kementrian Pariwisata hingga Monas 3.

Koridor 2 dan rute 2A juga terdampak penutupan jalan di Patung Kuda. Koridor 2, yaitu rute Pulo Gadung - Monas, mengalami pengalihan rute sehingga arah Pulo Gadung tidak melayani Halte Monas hingga Gambir 2. Rute 2A, yaitu rute Pulo Gadung - Rawa Buaya, juga mengalami pengalihan rute dan tidak melayani Halte Balaikota serta Gambir 2.

Selain itu, Koridor 3, yaitu rute Kalideres - Monas, juga mengalami pengalihan rute menjadi Kalideres - Juanda karena penutupan jalan di kawasan Patung Kuda. Sementara arah Monas tidak melayani Halte Monas. Rute 5C, yaitu rute PGC1 - Juanda, juga mengalami pengalihan rute dan tidak melayani Halte Balaikota arah Monas serta Halte Monas arah PGC.

Tidak hanya rute-rute reguler, layanan Bus Wisata TransJakarta dengan nama #JakartaExplorer juga terdampak penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Rute BW2, BW4, dan BW9 tidak melewati beberapa pemberhentian, seperti Monas, Museum Nasional, dan Museum Gajah, sesuai dengan pengumuman yang diberikan.

Salah satu rute spesifik, yaitu rute 7F, mengalami pengalihan rute terkait penutupan jalan di Patung Kuda. Sementara arah Juanda tidak melayani Halte Balaikota dan Halte Monas.

Perubahan rute ini dilakukan oleh TransJakarta sebagai langkah penyesuaian terhadap situasi di lapangan. Masyarakat diharapkan untuk memperhatikan pengumuman resmi dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan menggunakan layanan TransJakarta.