In the Name of God: A Holy Betrayal, Dokumentasi Sekte Sesat di Korea Selatan

 

Serial dokumenter baru yang tayang perdana pada 3 Maret 2023 lalu di Netflix, menjadi perhatian publik saat ini. Serial tersebut mengangkat kasus kriminal yang nyata terjadi di Korea Selatan. Para penonton akan dibawa untuk melihat bagaimana empat orang pemimpin Korea Selatan yang mengaku menjadi seorang nabi dan membuat tindakan kejahatan mengerikan dalam sekte yang mereka bangun.

Sekte sesat yang ada di Korea Selatan tidak asing lagi, bahkan sering diceritakan dalam serial-serial K-Drama. Adapun dalam serial dokumenter ini, penonton akan dihadapkan dengan sisi gelap dari sekte sesat tersebut. Keempat tokoh yang memimpin sekte tersebut yaitu Jeong Myeong Seok (JMS), Park Soon Ja, Kim Ki Soon, dan Lee Jae Rock. Mereka mengatasnamakan agama dalam melakukan aksi kejahatannya dan bahkan menyebutkan bahwa mereka merupakan Tuhan.

Kisah dokumenter ini turut mengangkat cerita dari sisi para korban yang dirugikan oleh sekte sesat tersebut. Mereka dengan berani menceritakan kisah mengerikan yang mereka alami selama masuk kedalam sekte sesat tersebut. Serial ini memiliki 8 episode yang dapat disaksikan di layanan streaming Netflix. Setiap episodenya akan memperlihatkan bagaimana sisi gelap dari sekte sesat tersebut.

Serial ini tentunya dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru mengenai sekte sesat dan kejahatan yang dilakukan oleh para pemimpinnya. Adapun, pengambilan sudut pandang dari sisi para korban turut memberikan sudut pandang yang berbeda dan menggugah empati. Bagi penggemar serial dokumenter atau yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kasus kriminal ini, dapat menyaksikan serial dokumenter ini di Netflix.